Membuat Game Sederhana Dengan Game Maker Part 1
Pada kali ini kita akan menciptakan sebuah game sederhana dengan memakai salah satu dari game engine adalah game maker, dalam proses pembuatan atau pemahaman dalam pembuatan game dengan game maker sanggup dibilang cukup gampang karna interfacenya gampang di pahami dan tidak terlalu rumit.
A.Persiapan
Sebelum kita memulai menciptakan game ada beberapa peralatan perang yang terlebih dahulu kita siapkan :
1. Sudah niscaya anda harus sudah menginstal software game maker terlebih dahulu ( disini penulis memakai Game Maker Studio anda juga sanggup memakai Game Maker 8.0 ) di sarankan semoga memakai Game Maker full version, karna kalau tidak ada beberapa fitur yang tidak aktif sehingga game mungkin tidak berjalan.
2. Siapkan tiga buah sprites :
- Sprites Player
- Sprites Musuh
- Sprites Tembok
Anda sanggup mengunduhnya di sini : Sprites
B. Sprites
Buka game maker anda kemudian buatlah enam buah sprites dengan cara klik Resources > Create Sprite atau dengan cara klik icon berbentuk pacman berwarna merah.
1. spr_tembok
Pertama - tama buatlah telebih dahulu sebuah sprites ibarat gambar di atas. Berilah nama pada sprites pertama spr_tembok kemudian klik Load Sprite, cari folder kawasan anda menyimpan sprites yang anda download sebelumnya kemudian pilih wall_block.png. sprites ini yang akan kita gunakan sebagai tembok.2. spr_musuh
Sekarang buatlah sebuah sprites gres dengan nama spr_musuh kemudian load sprites spr_musuh.gmspr. spites ini yang akan kita gunakan sebagai sprties musuh3. player
Sekarang kita akan menciptakan sprites untuk player, Player memiliki empat buah sprites yang berbeda - beda, pertama buatlah terlebih dahulu sebuah sprites dengan nama spr_atas kemudian load sprites dengan menentukan tiga buah gambar huruf yang menghadap atas.C. Objek
Sekarang buatlah tiga buah objek dengan cara klik Resources > Create Object dengan property :1. obj_tembok
Name : obj_tembok
Sprite : spr_tembok
Solid : True ( Cetang pada bab solid )
2. obj_musuh
name : obj_musuh
Sprite : spr_musuh
3. obj_player
name : obj_player
spite : spr_bawah
D. Event
Setelah menciptakan objek kini kita akan memberikah event pada masing - masing objek :
Sekarang semoga kita akan menset sprites awal player saat ia pertama kali di create dengan cara : Klik Add Event > Create > Pada tab sebelah kanan klik main1 > klik Change Sprite > Pilih sprite spr_bawah > Ok
Sekarang kita akan menciptakan player saat membentur tembok ia tidak akan bergerak atau berhenti dengan cara tambahkan event gres lagi, Klik Add Event > Collison > obj_tembok > pada tab sebelah kanan klik move > pilih Move To Contact.
Property :
Applies To : Self ( pilih self )
direction : 0
maximum : 4
Applies To : Self ( pilih self )
direction : 0
maximum : 4
against : solid objects
Agar player sanggup kita mainkan atau bergerak kita akan medefinisikan tombol arrow keyboard saat di tekan akan menciptakan player bergerak sesuai arah pana keyboard, tambahkan lagi sebuah event baru, Klik Add Event > Key Press > Left > pada tab sebelah kanan pilih move > pilih Move Fixed.
Tambahkan lagi di bawah action Move Fixed pilih main 1 > pilih change sprite > pilih spr_kiri. dengan property ibarat di gambar di atas.
Buatlah tiga buah event lagi adalah Key Press Up, Right dan Down dengan cara ibarat di atas dengan perbedaan arah direction pada Move Fixed dan sprite pada Chage sprite menurut arah huruf akan bergerak.
Kemudian klik tanda ceklis hijau.
Sekarang tambahkan event gres lagi, Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih controll > Execute Code kemudian isi dengan code berikut :
Tambahkan lagi sebuah event baru, Klik Add Event > Collison > Obj_tembok > Pada tab kanan pilih controll > Execute Code kemudian isi dengan code berikut :
Sekarang event pada objek kita telah selesai.
Simpan dengan nama scr_ai_musuh.
Sekarang game anda sudah selesai, anda sanggup menjalankannya dengan tekan F5 atau klik Run > Run Normally. pada part1 ini game anda hanya akan bergerak - bergerak saja selanjutnya kita akan menambahkan objek lain.
*Notes : apabila anda menemui kesulitan atau terjadi error. anda sanggup mengunduh filenya di Membuat Game Sederhana Dengan Game Maker Part 2. Buat sebuah project gres dengan Game Maker Studio kemudian import project (CTRL + I).
Daftar Isi :
Membuat Game Sederhana Dengan Game Maker Part 1
Membuat Game Sederhana Dengan Game Maker Part 2
Tambahkan lagi di bawah action Move Fixed pilih main 1 > pilih change sprite > pilih spr_kiri. dengan property ibarat di gambar di atas.
Buatlah tiga buah event lagi adalah Key Press Up, Right dan Down dengan cara ibarat di atas dengan perbedaan arah direction pada Move Fixed dan sprite pada Chage sprite menurut arah huruf akan bergerak.
2. Musuh
Sekarang kita akan menawarkan event pada objek musuh dan mengatur sprites musuh saat pertama kali dibuat, disini kita akan menciptakan sprites musuh menjadi random semoga musuh memiliki gambar berbeda - beda. Klik Add Event > Create > Pada tab kanan klik Controll > Execute Code kemudian isi dengan code berikut.sprite_index=spr_musuh //set default awal image_index=random(4) //acak sub image awal dengan kemungkinan 1:4 image_speed=0 //set kecepatan image sebesar 0 //set default move dengan kecepatan 4 dengan beberapa pilihan yaitu: motion_set(choose(0,90,180,270),4) //90 =atas //0 = kanan //270 = bawah //180 = kiri
Kemudian klik tanda ceklis hijau.
Sekarang tambahkan event gres lagi, Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih controll > Execute Code kemudian isi dengan code berikut :
if place_snapped(32,32) //jika objek musuh ada di grid 32x32 { scr_ai_musuh() //jalankan script scr_ai_musuh }
Tambahkan lagi sebuah event baru, Klik Add Event > Collison > Obj_tembok > Pada tab kanan pilih controll > Execute Code kemudian isi dengan code berikut :
hspeed=-hspeed //sama dengan reverse horizontal. vspeed=-vspeed //sama dengan reverse vertical. scr_ai_musuh() //jalankan script scr_ai_musuh
Sekarang event pada objek kita telah selesai.
E. Scripts
Sekarang semoga musuh sanggup bergerak secara random kita akan menciptakan sebuah kecerdasan buatan pada musuh dengan menciptakan sebuah script. Klik Resources > Create Script kemudian isi dengan code berikut :if (hspeed == 0) //jika horzontal speed equivalent sama dengan 0 { //maka //jika nilai random kurang dari 1 dan tidak ada objek di titik koordinat x-4 dan objek musuh if (random(3)<1 and place_free(x-4,y)) { //maka hspeed = -4; //set speed sebesar 4 dengan arah ke kiri vspeed = 0; //set vspeed =0 } if (random(3)<1 and place_free(x+4,y)) { hspeed = 4; vspeed = 0;} } else { if (random(3)<1 and place_free(x,y-4)) { hspeed = 0; vspeed = -4;} if (random(3)<1 and place_free(x,y+4)) { hspeed = 0; vspeed = 4;} } /*catatan: Bila hspeed positif: arah ke kanan Bila hspeed negatif: arah ke kiri Bila vspeed positif: arah ke bawah Bila vspeed negatif: arah ke bawah */
Simpan dengan nama scr_ai_musuh.
F. Room
Sekarang kita akan menciptakan room kawasan kita bermain game kita, Klik Resources > Create Room. berinama room stage1 kemudian aturlah posisi setiap objek sesuka kalian.*Notes : apabila anda menemui kesulitan atau terjadi error. anda sanggup mengunduh filenya di Membuat Game Sederhana Dengan Game Maker Part 2. Buat sebuah project gres dengan Game Maker Studio kemudian import project (CTRL + I).
Daftar Isi :
Membuat Game Sederhana Dengan Game Maker Part 1
Membuat Game Sederhana Dengan Game Maker Part 2