Membuat Game Rpg Basic Dengan Game Maker
RPG ( Role Playing Game ) yaitu jenis game yang secara dasar mengendalikan satu huruf atau lebih, pemain sanggup menentukan satu huruf untuk dimainkan. Seiring dengan naiknya level game, huruf tersebut sanggup berubah, bertambah skill-nya, bertambah senjatanya, bertambah binatang peliharaannya dan lain sebagainya. Final Fantasy, World of Warcraft, Fallout, dan Dragon Quest termasuk dalam genre ini. Sekarang kita akan mencoba membuatnya dengan memakai game maker.
Persiapan
Pertama kita harus menyiapkan terlebih dahulu sprites yang kita akan gunakan di dalam game kita nantinya, anda sanggup mengunduh sprites untuk gamenya di sini : Download
Sprites
Sekarang sehabis anda sudah mengunduh gambar untuk sprites game di atas kini anda sanggup mengimportnya dengan cara klik File > Import Resources > rpg.gmres. atau anda sanggup mubuatnya secara manual.
Baca Juga
1. spr_tree
Buatlah sebuah sprites gres dengan nama spr_tree menyerupai gambar di atas. untuk gambarnya klik Load Sprite > Cari direktori daerah anda menyipan folder gambar tree > open seperti pada gambar di atas atur Originnya : X = 32 dan Y = 61
2. spr_player
Buatlah empat buah sprites yang berbeda menyerupai gambar di atas dengan nama : spr_player_up, spr_player_right, spr_player_left, spr_player_down
Kemudian atur sama Originnya : X = 16 dan Y = 45
3. spr_wall
Sekarang buatlah sebuah sprites terakhir menyerupai gambar di atas dengan nama : spr_wall
Background
Untuk background game buatlah sebuah background gres dengan nama : back_landtiles
Objek
Sekarang buatlah objek game yang natinya akan kita gunakan dalam game.
1. obj_player
Buatlah objek dengan nama obj_player menyerupai ia atas. lalu untuk sprites pilih spr_player_up.
Tambah event pada obj_player :
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : depth dan Value : -y
Klik Add Event > Collison > obj_tree > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada tengah dan Speed = 0.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : image_speed dan Value : 0
Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada tengah dan Speed = 0.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : image_speed dan Value : 0
Klik Add Event > keyboard > No_key > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada tengah dan Speed = 0.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : image_speed dan Value : 0
Klik Add Event > keyboard > Left > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada Kiri dan Speed = 3.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Main 1 > Change Sprite.
Sprite : spr_player_left
Subimage : -1
Speed : 0.5
Klik Add Event > keyboard > Up > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada Atas dan Speed = 2.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Main 1 > Change Sprite.
Sprite : spr_player_up
Subimage : -1
Speed : 0.5
Klik Add Event > keyboard > Right > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada Kanan dan Speed = 3.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Main 1 > Change Sprite.
Sprite : spr_player_right
Subimage : -1
Speed : 0.5
Klik Add Event > keyboard > Down > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada Bawah dan Speed = 2.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Main 1 > Change Sprite.
Sprite : spr_player_down
Subimage : -1
Speed : 0.5
2. obj_tree
Buat objek menyerupai gambar di atas dengan nama : spr_tree dengan sprites : spr_tree
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : depth dan Value : -y
3. obj_wall
Buatlah objek menyerupai gambar di atas dengan nama : obj_wall dengan sprites : spr_wall
Centang pada bab solid dan hilangkan tanda centang pada bab visible.
Room
Sekarang untuk peta kita bermain game buatlah sebuah room dengan nama : rm_main
Buatlah tampilan room anda sesuka hati anda sebagai cotoh menyerupai berikut :
Untuk gambar pada room disini kita memakai teknik Tiles. yaitu dengan cara mengambil bab dari background yang nantinya di satukan menjadi sebuah gambar anda sanggup melihat cara melakukannya di sini : Tiles By Yoyo Games
Jika anda perhatikan pada panah merah bab kanan terlihat ada bab yang berebeda, sebelum anda memasukan objek wall pada room terlebih dahulu anda harus memasukan gambar tembok dari background dengan tiles gres anda timpa dengan objek wall.
Sekarang jalankan game anda dengan cara klik F5 atau Run > Run Normaly.
Game RPG Basic Dengan Game Maker kini sudah selesai, baca juga tutorial game maker lainnya.
Game RPG Basic Dengan Game Maker kini sudah selesai, baca juga tutorial game maker lainnya.