Membuat Game Dengan Game Maker Feed The Fish
Baca juga : Membuat Animasi Grow Dengan Game Maker
A. Membuat Sprites
Pertama buatlah dua buah sprites :
1. s_Ikan
Sprites ini akan menjadi gambar ikan kita nanti, buat sprites gres dengan cara Klik Resources -> Create Sprite.
Property :
Name : s_Ikan
Width : 16
Height : 8
Orign = X : 8 Y:4
Buat dua buah gambar sub image ibarat gambar di atas. buat satu ke arah depan dan satu ke arah belakang, supaya dikala ia berenang kebelakang ia tidak terlihat mundur. gak lucu kan kalau ikan berenangnya mundur ( heheh ).
2. s_Pellet
Ini akan menjadi makanan ikan kita nanti, Buat sprites dengan cara yang sama ibarat di atas :
Property :
Name : s_Pellet
Width : 8
Height : 8
Orign = X : 4 Y : 4 ( Center )
Anda cukup menciptakan satu buah image ibarat di atas.
B. Membuat Objek
Buatlah tiga buah Objek :
Ini ialah objek ikan kita, buat objek dengan cara klik Resources -> Create Object.
1. Fish
Property :
Nama : Fish
Sprite : s_ikan
2. Game
Property :
Nama : Game
Nama : Game
Sprite : -
Depth : -1
3. Pellet
Property :
Nama : pellet
Sprite : s_Pellet
Bila kurang terang lihat gambar di atas.
C. Pemberian Event
Unutuk menciptakan ikan mengikuti si pelet kita harus memperlihatkan event pada masing - masing object :
1. Objek Fish
Berilah tiga buah event ibarat gambar di atas :
- Buat event Create kemudian masukan code dengan script ibarat ini :
fishSpeed = 5; image_speed = 0;
- Buat evet Step kemudian masukan code dengan scrpit ibarat ini :
if (instance_exists(Pellet)) { move_towards_point(instance_nearest(x,y,Pellet).x, instance_nearest(x,y,Pellet).y, fishSpeed); } else { speed = 0; } if ( (direction <= 90.0) && (direction >= 0.0) ) || ( (direction <= 359.9) && (direction >= 270.0) ) { image_index = 0; } else { if ( (direction <= 270.0) && (direction > 90.0) ) { image_index = 1; } }
- Buat event Collison terhadap objek Pellet, ini akan menciptakan pelet menghilang dikala beliau bertemu dengan ikan, tambahkan code dengan script ini :
with (other) { instance_destroy(); } speed = 0;
2. Objek Pellet
- Buat event create kemudian masukan code dengan script berikut :
speed = 2; direction = 270;
-Buat event Outside Room kemudian masukan code dengan script berikut :
instance_destroy();
- Buatlah event Create kemudian masukan code dengan script berikut :
instance_create(room_width/2,room_height/2,Fish);
- Buatlah event Glob Left Pressed kemudian masukan code dengan script berikut :
instance_create(mouse_x,mouse_y,Pellet);
- Buatlah event Room Start kemudian masukan code dengan script berikut :
room_caption = "Beri Makan Ikan";
- Buatlah event Draw kemudian masukan code dengan script berikut :
Tambahkan objek game pada room ibarat gambar di atas. kemudian anda dapat mengganti backgroud room anda sesuka hati dengan warna apa saja.
Nah ikan digital anda telah jadi, dapat di bilang ini ialah dasar dari game insaniquarium. jikalau anda dapat ngembangkannya mungkin anda dapat menciptakan game yang lebih andal lagi.
*Notes game ini di buat dan di test denggan memakai Game Maker Lite 8.0 Full Version
Game Dengan Game Maker Feed the fish anda kini sudah selesai, baca juga tutorial menciptakan game dengan game maker lainnya.
draw_set_halign(fa_center); draw_text(room_width/2,64,"Ini ialah pola game yang mengikuti objek");
D. Membuat Room
Buatlah sebuah room gres untuk kawasan tamilan ikan nanti dengan cara klik Resources -> Create RoomTambahkan objek game pada room ibarat gambar di atas. kemudian anda dapat mengganti backgroud room anda sesuka hati dengan warna apa saja.
E. Memulai Game
Untuk menjalankan game anda tekan F5 pada keyboard maka tampilan game anda akan ibarat ini :Nah ikan digital anda telah jadi, dapat di bilang ini ialah dasar dari game insaniquarium. jikalau anda dapat ngembangkannya mungkin anda dapat menciptakan game yang lebih andal lagi.
*Notes game ini di buat dan di test denggan memakai Game Maker Lite 8.0 Full Version
Game Dengan Game Maker Feed the fish anda kini sudah selesai, baca juga tutorial menciptakan game dengan game maker lainnya.